Digital Marketing




Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan. Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Di era ini Digital marketing dikatakan penting karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Digital marketing juga menjadi hal yang wajib kita pahami dan lakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran. Pada Era pandemic COVID-19 semakin membuktikan bahwa sangat pentingnya dunia digital marketing bagi kewirausahaan. karena ketika seseorang sudah tidak bisa mengakses secara konvensional beberapa media promosi atau media pemasaran yang dilakukan, maka media digital menjadi satu satunya solusi dalam masa pandemic COVID-19 ini. sehingga terbuka peluang dan kesempatan bagi para wirausahawan tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran melalui pemanfaatan digital. Kebutuhan Digital Marketing sangat penting khususnya untuk para Enterpreneur Muda karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Di era revolusi industri 4.0 ini Digital Marketing menjadi hal yang harus dan wajib kita pahami dan kita lakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran pada dunia kewirausahaan. Hubungan antara Digital Entrepreneurship dan Digital Marketing sangat dekat yaitu dalam mengelola Bisnis maka seorang entrepreneur membutuhkan teknik marketing yang baik dan efisien. Yaitu dengan berkembangnya teknologi juga semakin memudahkan para pengusaha muda untuk berinovasi dan melakukan Promosi dengan lebih efisien. yaitu dengan Biaya yang lebih sedikit namun jangkauan yang lebih luas. Teknologi digital semakin lama akan terus berkembang dan maju, maka dari itu masa depan yang cerah adalah dia yang dapat menguasai teknologi digital.

Dengan adanya teknologi maka segala macam industri juga lebih efisien dimana dalam memproduksi produk akan lebih cepat dan dalam jumlah yang lebih banyak. Dengan adanya teknologi maka sistem transportasi akan lebih maju dan lebih praktis. Juga lebih hemat bahan bakar, dan masih banyak lagi hal-hal yang ikut maju seiring perkembangan teknologi. Dan tentu saja semakin maju peradaban maka lapangan pekerjaan yang tersedia sekarang lebih memprioritaskan kapada orang-orang yang paham dan tidak gagap teknologi. Orang-orang yang paling kuat dan paling sukses adalah dia yang dapat beradaptasi dengan perubahan.

Dapat diketahui bahwa setiap tahunnya angka pertumbuhan penduduk kalah cepat berkembangnya dengan angka bertambahnya jumlah pengguna smartphone dan internet di dunia. Maka dari situ juga dapat diketahui bahwa saat ini teknologi, smartphone, dan internet bukanlah hal yang langka lagi. Hampir semua orang menjadikan teknologi informasi sebagai kebutuhan hidupnya, bukannya gaya hidup lagi. Terlebih saat pandemi seperti ini yang mengharuskan masyarakat untuk mengurangi mobilitas dan lebih banyak menggunakan sistem daring sebagai alat pembelajaran yang mengharuskan masyarakat khususnya pelajar untuk bisa mengoperasikan gadget dan internet dengan baik.

Banyaknya Digital Marketing yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa Digital marketing memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh. Berikut beberapa kelebihan digital marketing dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

1. Kecepatan Penyebaran

Strategi pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, Digital Marketing juga dapat diukur secara realtime dan tepat.

2. Kemudahan Evaluasi

Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama produk kita ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk kita, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya. Setelah mengetahui informasi-informasi macam itu, selanjutnya kita dapat melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan buruk. Sehingga kita dapat memperbaiki untuk periode berikutnya.

3. Jangkauan Lebih Luas

Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dari Digital Marketing yang luas. kita dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.

4. Murah dan Efektif

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.

5. Membangun Nama Brand

Digital marketing membantu kita membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk.

Untuk memulai pemasaran menggunakan media digital, terdapat beberapa hal yang perlu kita siapkan.

Pertama, siapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. Beberapa alat bantu yang dapat digunakan dalam digital marketing seperti : website, akun media sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog, jejak online (review, feedback dari pelanggan,dan lain-lain). Dalam dunia digital marketing, alat bantu ini merupakan aset bagi kita, jadi uruslah dengan baik.

Kedua, siapkan konten yang menarik perhatian dan shareable. Konten dapat berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya. kita juga harus menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan konten.

Ketiga, kita dapat memulai menggunggah dan selanjutnya evaluasi setiap unggahan di setiap social media yang kita miliki, tentukan mana yang memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis.

Keempat, masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace public. Usahakan profil bisnis kita bagus, karena akan berpengaruh terhadap citra brand.


Berikut Beberapa platform media social paling aktif

1. youtube = 88%

2. whatsapp = 83%

3. facebook = 81%

4. instagram = 80%

5. twitter = 52%

6. messenger = 47%


Strategi digital marketing

1.) Situation analysis ( mengetahui posisi dan tujuan ) :

a. Kinerja tujuan

b. Wawasan pelanggan

c. E-Marketplace SWOT

d. Persepsi merk

e. Kapabilitas dan sumber daya internal


2.) Objectives ( sudah mengetahui tujuan ) :

5S objectives yaitu

a. Sell : tingkat penjualan

b. Serve : layanan yang diberikan

c. Sizzle : tingkat efisiensi

d. Speak : mampu mengomunikasikan produk dan layanan keapada konsumen

e. Save : melakakukan extention terhadap produk


3.) Strategy ( cara mencapai tujuan ) :

a. Segmentasi, penargetan, dan pemosisian

b. Proposisi nilai online (OVP)

c. Kredibilitas sebelum visibilitas

d. Integrasi

e. Kerja keras


4.) Tactics ( Cara-cara yang lebih generic yang dilakukan untuk mencapai tujuan ) :

a. Bauran pemasaran elektronik

b. Detail strategi kontak

c. Jadwal inisiatif kampanye elektronik


5.) Actions ( mengontrol apakah langkah,strategi,dan action sudah cukup memenuhi target ) :

a. Tanggung jawab dan struktur

b. Sumber daya dan ketrampilan internal

c. Lembaga eksternal


6.) Control ( mengevaluasi kembali ) :

a. 5S + web analystic – KPIs

b. Pengujian kegunaan

c. Survey kepuasan pelanggan

d. Profil pengunjung situs

e. Frekuensi pelaporan

f. Proses pelaporan dan tindakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Skincare Routine

Tips Mencari Skincare yang PASTI NGEFEK